7 Jenis Beras Paling Populer Di Dunia

7 Jenis Beras Paling Populer Di Dunia - Beras menjadi pilihan makanan pokok yang utama di Indonesia terutama dengan beras putih. Kandungan berbagai macam nutrisi di dalamnya menyimpan manfaat sehat untuk tubuh. Seperti dilansir dari boldsky.com, beras ternyata tidak hanya beras putih saja. Sebab ada berbagai macam pilihan jenis beras lainnya.

Berikut adalah 7 Jenis Beras Paling Populer Di Dunia yang bermanfaat untuk kesehatan yang wajib untuk Anda ketahui.


1. Beras putih

Jenis Beras Paling Populer Di Dunia


Beras putih merupakan makanan paling umum di Indonesia dan sebagian besar wilayah Asia. Beras putih merupakan makanan yang paling mudah untuk dicerna baik oleh anak-anak ataupun orang dewasa. Beberapa manfaat kesehatan dari mengonsumsi beras putih adalah mengurangi gangguan pencernaan seperti diare, radang usus besar, dan bahkan morning sickness bagi ibu hamil. Beras putih sendiri adalah makanan yang paling mudah untuk diolah menjadi berbagai macam makanan dan bahkan camilan.


2. Beras cokelat

Jenis Beras Paling Populer Di Dunia

Selain beras putih, beras cokelat juga baik untuk kesehatan Anda. Beras cokelat sendiri sering tertukar dengan beras merah karena kesamaan bentuk dan warnanya. Beras cokelat rendah akan pati dan kalori di dalamnya namun sangat tinggi akan serat larut. Tak hanya itu, kandungan minyak sehat dalam makanan ini mampu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.


3. Beras merah

Jenis Beras Paling Populer Di Dunia

Tidak banyak yang menyukai beras merah. Alasannya tekstur dari beras ini lebih kasar dibandingkan dengan beras putih. Namun mengonsumsi beras merah bermanfaat untuk menjaga jumlah zat besi dalam tubuh yang membantu mengatur gula darah dan insulin. Selain itu, beras merah mengandung vitamin B6 yang penting untuk menyeimbangkan pembentukan serotonin dan sel darah merah yang penting dalam produksi sel DNA.


4. Ketan

Jenis Beras Paling Populer Di Dunia

Beras ketan banyak ditemukan dalam olahan kue di Indonesia. Kandungan zat tembaga di dalam ketan dapat memperkuat jaringan ikat, mendukung sistem kekebalan tubuh, serta meningkatkan fungsi otak yang sehat.


5. Beras hitam

Jenis Beras Paling Populer Di Dunia

Beras hitam sendiri jarang untuk ditemui. Namun beras ini memiliki serangkaian manfaat kesehatan terutama bagi mereka yang menderita Alzheimer dan diabetes. Sebab beras ini memiliki kandungan zat anti-inflamasi dan anti-oksidan yang lebih tinggi dibanding jenis beras lainnya.


6. Beras basmati

Jenis Beras Paling Populer Di Dunia

Beras basmati adalah jenis beras khas dari India. Satu cangkir beras ini mengandung serat 20% lebih banyak dibandingkan dengan jenis beras lainnya. Beras basmati juga memiliki indeks glikemik yang rendah.


7. Beras jasmine

Jenis Beras Paling Populer Di Dunia

Beras jasmine memiliki aroma yang harum dan menggugah selera. Salah satu manfaat terbaiknya adalah dapat mengurangi rasa sakit otot dalam tubuh karena adanya kandungan asam amino yang tinggi.

Nah, Itulah 7 Jenis Beras Paling Populer Di Dunia. Beras bukanlah satu-satunya makanan pokok yang bisa Anda konsumsi sebab masih banyak jenis makanan pokok lainnya yang juga memiliki beragam manfaat kesehatan untuk tubuh.



Sumber : merdeka.com

loading...