4 Kopi Paling Enak Di Indonesia

Ditulis oleh berita unik » Rating Blog : 5 dari 5

4 Kopi Paling Enak Di Indonesia


1.Kopi Bali

Kopi Bali menggunakan biji kualitas tinggi, dibudidayakan di dataran tinggi Bali, di tanah vulkanik dan iklim yang sejuk, tipe lingkungan yang memang sangat cocok untuk tumbuhnya tanaman kopi. Wilayah terbesar untuk produksi kopinya adalah Kintamani dan lereng di dekat Danau Batur.Cara tradisional untuk memproduksi kopi ini adalah dengan membiarkan buah pilihan dikeringkan di bawah sinar matahari. Setelah sampai dua pekan pengeringan, lapisan luarnya akan berwarna coklat gelap dan rapuh.Buah tersebut kemudian ditumbuk dengan tangan untuk menghilangkan sekam atau lapisan buah yang kering tadi. Kemudian, bijinya disimpan ke dalam gudang untuk paling tidak setahun dibiarkan matang.Pada umumnya, Kopi Bali diproses dengan cermat di pabrik yang besar, menggunakan metode giling basah. Hasilnya adalah kopi yang manis dan lembut dengan konsistensi tinggi. Biasanya diberi perasa lemon dan citrus.



2.Kopi Jawa




Produksi Kopi Arabika Jawa berpusat di dataran Ijen, di ujung wilayah timur Jawa, di ketinggian lebih dari 1.400 meter. Kopinya tumbuh pada perkebunan luas yang dibangun oleh Belanda pada abad ke-18. Lima perkebunan terbesar, adalah Blawan, Jampit, Pancoer, Kayumas, dan Tugosari, dengan total luas 4.000 hektar.Kopi Jawa memiliki rasa yang enak, biji berisi, dan citarasa yang tak terlupakan di lidah. Begitu lembut dan lentur, kadang memiliki rasa rumput yang tipis setelah mengecapnya.Beberapa perkebunan menanam kopi ini lebih dari tiga tahun. Seiring usia, benih berubah warna dari hijau ke coklat muda dan rasanya semakin kuat ketika kadar asamnya berkurang. Kopi tua ini dinamakan Old Government, Old Brown, atau Old Java.



3.Kopi Sumatera



Area produksi kopi Arabika yang utama di Sumatera, adalah Lintongnihuta, ke barat daya dari Danau Toba, wilayah Tapanuli di Sumatera Utara, Sidikilang, dan pegunungan di sekitar Takegon, Aceh, di utara pulau tersebut. Perdagangan kopi terbesar ada di Lintong, Mandheling, dan Gayo (gunung di dekat Takengon).Kopi Sumatera begitu kompleks dan menarik, jika dilihat dari jumlah besar produsen kecilnya dan teknik semibasah yang digunakan. Pada tahap biji masih hijau, kopi dari area ini mempunyai warna biru akibat metode pemrosesan dan kurangnya zat besi dalam tanah. Kopi dari Sumatera dikenal dengan kelembutan, bentuk mungilnya yang seimbang, dan kuat.



4.Kopi Lampung



Kopi Lampung dijuluki salah satu kopi paling enak di Indonesia karena harum dan rasanya yang energik. Kopi Lampung adalah jenis kopi robusta, biasanya dinamai Semendo oleh orang-orang lokal. Di pasaran kopi international, kopi ini terkenal dengan sebutan Kopi Sumatera.Data menunjukkan total area perkebunan kopi di Lampung Barat mencapai 60,347,7 hektare, dengan biji kopi yang dihasilkan mencapai 29.712 ton per hektare setiap tahunnya. Wilayah ini merupakan daerah produksi kopi terbaik di Provinsi Lampung dan Nusantara.

Nah, itulah 4 Kopi Paling Enak Di Indonesia semoga menambah wawasan anda.